Toya Bungkah Natural Hot Spring
October 24, 2018
Air Terjun Yeh Mampeh
October 24, 2018

Wisata Desa Penglipuran

Bagi yang pertama kali berlibur ke desa Penglipuran Bangli, pastinya akan terkejut melihat bentuk dari tiap-tiap rumah penduduk hampir sama. Kemiripan dari tiap-tiap rumah terlihat pada pintu gerbang rumah, atap rumah dan dinding rumah menggunakan bambu, lebar pintu gerbang yang hanya muat untuk satu orang dewasa. Di masyarakat Bali pintu jenis ini di sebut angkul-angkul.

Tidak hanya bentuk rumah yang sama, pembagian dari masing-masing tata ruang rumah juga sama, seperti kamar tidur dan dapur. Cat tembok pintu gerbang yang digunakan bukan cat tembok yang biasanya kita kenal, melainkan menggunakan cat berbahan dasar dari tanah liat.

tiap-tiap rumah penduduk memiliki kemiripan.  ingin membangun kebersamaan dan mempertahankan kosep berpadu dengan alam. Pada bulan Oktober 2014,  desa Penglipuran Bangli  melihat ada beberapa dinding kamar yang telah berubah menggunakan batu bata. Padahal dulunya saat berlibur kesini pada tahun 1998, semua dinding kamar menggunakan bambu.Walaupun perubahan dari dinding bambu ke batu bata, konsep menyatu ke alam masih sangat kuat di budaya desa Adat Penglipuran.

Info tentang Paket Wisata Bali:

Phone : +62 852 0321 0000
Phone : +62 838 311 80888

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *